RPP SD / MI KURIKULUM 2013 LENGKAP KELAS 4 EDISI 2018 |
Download RPP Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. RPP merupakan salah satu bukti perencanaaan pembelajaran atau perangkat pembelajaran. Adapun yang dimaksud perencanaan pembelajaran adalah kegiatan memproyeksikan tindakan apa yang akan dilaksanakan dalam suatu proses belajar mengajar yaitu dengan mengkoordinasikan komponen-komponen pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, cara penyampaian kegiatan (metode, model dan teknik), serta bagaimana mengukurnya menjadi jelas dan sistematis, sehingga nantinya proses belajar mengajar menjadi efektif dan efisien.
Perencanaan termasuk di dalam RPP selalu mempunyai arah yang hendak dicapai yaitu tujuan yang harus dirumuskan dalam bentuk sasaran yang jelas dan terukur. Strategi untuk mencapai tujuan berkaitan dengan penetapan keputusan yang harus dilakukan oleh seorang perencana. Penetapan sumber daya yang dapat mendukung diperlukan untuk mencapai tujuan meliputi penetapan sarana dan prasarana yang diperlukan, anggaran biaya dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Implementasi adalah pelaksanaan dari strategi dan penetapan sumber daya.
RPP disebut juga Perangkat Pembelajaran. RPP Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 adalah perangkat pembelajaran bagi guru SD / MI pada kelas yang bersangkutan. Adapun yang dimaksud Perangkat pembelajaran merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dalam KBBI (2007: 17), perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.
Lalu apa tujuan dan fungsi RPP. Tujuan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) adalah untuk : 1) mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar; 2) dengan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.
Sedangkan, fungsi RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar ( kegiatan pembelajaran ) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain rencana pelaksanaan pembelajaran berperan sebagai scenario proses pembelajaran. Oleh karena itu, rencana pelaksanaan pembelajaran hendaknya bersifat luwes ( fleksibel ) dan member kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikan dengan respon siswa dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya. Jadi tujuan RPP Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 adalah sebagian acuan bagi guru SD Kelas 4 dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Bagimana cara menyusun RPP atau lebih khususnya cara menyusun RPP Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ? Penyusunan RPP harus mengacu pada Komponen dan sistematika RPP yang berlaku. Komponen dan sistematika RPP berikut mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Adapun Komponen RPP SD SMP SMA SMK Tahun 2018 mengacu kepada Permendikbud Nomor 22 adalah sebagai berikut
a. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. materi pokok;
e. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
f. tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i. metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
k. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m. penilaian hasil pembelajaran.
Apakah saja, prinsip yang harus diperhatikan dalam penyusunan RPP termasuk RPP Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ? Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, disebutkan serangkaian prinsip penyusunan RPP yang harus diperhatikan guru dalam menyusun RPP, yakni sebagai berikut:
1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik. Sebagai contoh guru menggunakan secara bergantian penayangan video klip, poster, aktivitas fisik, dramatisasi atau bermain peran sebagai teknik pembelajaran karena gaya belajar setiap siswa berbeda-beda.
2. Berpusat pada peserta didik
Guru yang menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik pertama-tama memperlakukan siswa sebagai subyek didik atau pembelajar. Dilihat dari udut pandang peserta didik, guru bukanlah seorang intruktur, pawang, komandan, atau birokrat. Guru bertindak sebagai pembimbing, pendamping, fasilitator, sahabat, atau abang/kakak bagi peserta didik terutama dalam mencapai tujuan pembelajaran yakni kompetensi peserta didik. Oleh karena itu guru seyogyanya merancang proses pembelajaran yang mampu mendorong, memotivasi, menumbuhkan minat dan kreativitas peserta didik. Hak ini dapat berjalan jika seorang guru mengenal secara pribadi siapa (saja) siswanya, apa mimpi-mimpinya, apa kegelisahannya, passion-nya, dan sebagainya.
3. Berbasis konteks
Pembelajaran berbasis konteks dapat terwujud apabila guru mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan berbagai sumber belajar lokal (setempat), guru mengenal situasi dan kondisi sosial ekonomi peserta didik, mengenal dan mengedepankan budaya atau nilai-nilai kearifan lokal, tanpa kehilangan wawasan global. Sebagai contoh nilai gotong royong di Jawa atau pela gandong di Maluku dapat dijadikan inspirasi mengembangkan proses dan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran juga dapat dimulai dari apa yang sudah diketahui oleh peserta didik sesuai dengan konteksnya dan baru pada konteks yang lebih luas.
4. Berorientasi kekinian
Ini adalah pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan nilai-nilai kehidupan masa kini.Guru yang berorientasi kekinian adalah guru yang “gaul”, tidak “gaptek”, “melek informasi”, bahkan sebaiknya well informed, selalu meng-update dan meng-up grade ilmu pengetahuan yang menjadi bidangnya, termasuk teori-teori dan praktik baik di bidang pendidikan/pembelajaran. Dengan demikian rancangan pembelajaran yang dikembangkan guru dapat menjadi inspirasi bagi siswa dana abagi guru-uru yang lain.
5. Mengembangkan kemandirian belajar
Guru yang mengembangkan kemandirian belajar (siswa) selalu akan berusaha agar pada akhirnya siswa berani mengemukakan pendapat atau inisiatif dengan penuh percaya diri. Di samping itu guru tersebut juga selalu mendorong keberanian siswa untuk menentukan tujuan-tujuan belajarnya, mengeksplorasi hal-hal yang ingin diketahui, memanfaatkan berbagai sumber belajar, dan mampu menjalin kerja sama, berkolaborasi dengan siapa pun. Idealnya semuau ini tercermin dalam rencana kegiatan pembelajaran siswa.
6. Memberi umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
7. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/ atau antarmuatan
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.RPP disusun dengan mengakomodasi pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
8. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Kegiatan pembelajaran dalam RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Sebagai contoh ketika guru menugasi siswa mengeksplorasi sumber-sumber pengetahuan lewat internet, guru harus bisa menunjukkan kepada siswa alamat situs-situs web atau tautan (link) yang mengarahkan siswa pada sumber yang jelas, benar, dan bertanggungjawab.
Sudahkan Bapak/Ibu guru SD / MI Kelas 4 memiliki RPP SD/MI. Jika belum berikut ini kumpulan Link download RPP Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Silahkan dimanfaatkan sebagai dokumen awal untuk Bapak/Ibu sesuaikan dengan keterampilan Bapak/Ibu, Kondisi sekolah Bapak/Ibu dan lainnya.
RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 -2018
RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2018 -2018 SEMESTER 1
· RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 - 2018 Tema 1 : UNDUH
· RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 - 2018 Tema 2 : UNDUH
· RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 - 2018 Tema 3 : UNDUH
· RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 - 2018 Tema 4 : UNDUH
· RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 - 2018 Tema 5 : UNDUH
RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2018 SEMESTER 2
RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2018 TEMA 6 :
· RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 6 Subtema 1 Unduh
· RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 6 Subtema 2 Unduh
· RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 6 Subtema 3 Unduh
· RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 6 Subtema 4 Unduh
RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2018 - 2018 TEMA 7 :
· RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 7 Subtema 1 Unduh
· RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 7 Subtema 2 Unduh
· RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 7 Subtema 3 Unduh
· RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 7 Subtema 4 Unduh
RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2018 TEMA 8 :
RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 8 Subtema 1 Unduh
RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 8 Subtema 2 Unduh
RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 8 Subtema 3 Unduh
RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 8 Subtema 4 Unduh
RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 - 2018 TEMA 9 :
RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 - 2018 Tema 9 Subtema 1 Unduh
RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 - 2018 Tema 9 Subtema 2 Unduh
RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 - 2018 Tema 9 Subtema 3 Unduh
RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 - 2018 Tema 9 Subtema 4 Unduh
NB. Bagi yang membutuhkan !
RPP Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 (disini)
RPP Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 (disini)
RPP Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 (disini)
RPP Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 (disini)
RPP Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 (disini)
RPP Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 (disini)
Demikian informasi tentang RPP Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Semoga bermanfaat dan dapat memberi kemudahan bagi guru, terutama sebagai bahan referensi saat membuat RPP untuk diterapkan di sekolah masing-masing.